2 ENGLISH MATERIAL : - Study Foreign Language (SFL)

2 ENGLISH MATERIAL :

KATA BENDA
Hasil gambar untuk logo bahasa inggris
By. www.jesplus.co.id
Belajar mengenai kata benda dalam bahasa inggris, tentu kata benda dalam bahasa inggris todak hanya satu ya. Di dalam bahasa inggris setidaknya ada 6 jenis kata benda yang harus kita pelajari, apa saja kata benda itu? Berikut pembahasannya.

Kata Benda Konkret (Concrete Noun)
Kata Benda Abstrak ( Abstrak Noun)
Kata Benda yang Bisa Dihitung (countable noun)
Kata Benda tidak Bisa Dihitung ( Uncountable Noun)
Kata Benda Tunggal (Singgular Noun)
Kata Benda Jamak (Plural Noun)

Berikut penjelasan dari masing-masing kata benda tersebut :

1. Kata Benda Konkret

Concrete Noun ialah kata benda yang tampak atau bisa dilihat, dipegang, dan dirasakan oleh panca indra manusia. Contoh kata benda concrete :

Kata Benda Konkret
Arti
Table
Meja
People
Orang
Book
Buku
Water
Air

2. Kata Benda Abstrak

Abstract Noun ialah kata benda yang tidak tampak, atau tidak bisa dilihat, diraba, dan dirasakan, tetapi hanya bisa dibayangkan. Contoh kata benda abstrak :

Kata Benda Abstrak
Arti
Wind
Angin
God
Tuhan
Ability
Kemampuan
Kindness
Kebaikan Hati

3. Kata Benda yang Bisa Dihitung

Kata Benda yang bisa dihitung ialah kata benda yang dapat dihitung dengan jumlah angka atau berbentuk jamak (dengan menambahkan akhiran –s atau –es). Selain itu, dapat juga digabung dengan kata sandang a, an, dan the. Berikut contohnya?

KataBenda Bisa Dihitung
Arti
25 books
20 buku
A man
Seorang pria
20 chairs
20 kursi
The students
Para murid

4. Kata Benda tidak Bisa Dihitung

Kata Benda tidak Bisa Dihitung merupakan kata benda yang tidak bisa dihitung dengan satuan angka, tapi untuk dapat menjadi kata benda yang bisa dihitung maka perlu ditambahkan quantity (petunjuk Jumlah seperti some dan any). Kata benda ini tidak bisa dirangkai dengan kata sandang a dan an terkecuali the. Berikut Contoh :

Kata Bendak tidak Bisa Dihitung
Arti
Wind
Angin
Water
Air
Milk
Susu
Voice
Suara
Perubahan dari kata benda yang tidak bisa dihitung menjadi kata benda yang bisa dihitung
Tidak Bisa Dihitung
Bisa Dihitung
Water
Some Water (Beberapa Air)
Milk
Some Milk (Sejumlah Susu)
Money
Some Money(Sejumlah Uang)
Ink
The Ink (Tinta)

5. Kata Benda Tunggal

Kata  Benda Tunggal ialah kata benda yang hanya satu atau tidak lebih dari satu. Contohnya :

Kata Benda Tunggal
Arti
Child
Anak
Man
Pria
Roof
Atap
Book
Buku

6. Kata Benda Jamak

Kata Benda Jamak ialah kata benda yang lebih dari satu atau hampir sama dengan benda yang bisa di hitung (diberikan penambahan –s dan –es pada akhir kata). Berikut Contohnya :

Kata Benda Jamak
Arti
Babies
Bayi-bayi
Children
Anak-anak
Books
Buku-buku
Boxes
Kotak-kotak

Nah, sekarang akan dijelaskan bagaimana cara membedakan benda yang harus diakhiri dengan –s dan –es. Berikut penjelasan :

-          Kata Benda dengan akhiran s, ch, sh, dan x itu harus diakhiri –es. Contoh : Class menjadi Classes
-    Kata Benda dengan akhiran y dan sebelumnya didahului dengan huruf konsonan maka huruf y harus dirubah menjadi i baru kemudian ditambahkan –es pada akhir kalimat.contoh : Baby menjadi Babies, karena sebelum y ialah huruf konsonan b.
-          Kata Benda yang akhiran y dan sebelumnya didahului dengan huruf vokal (a,i,u,e,o) maka cukup ditambahkan akhiran –s saja tanpa perubahan menjadi i. Contoh : Day menjadi Days, karena huruf sebelum y ialah huruf vokal a.
-      Kata Benda yang berakhiran O dan merupakan benda buatan manusia cukup menambahkan akhiran –s saja. Contoh : Photo menjadi Photos, karena photo adalah hasil karya manusia.
-       Kata Benda yang berakhiran O tapi bukan merupakan benda buatan manusia maka harus ditambahkan –es dalam bentuk jamaknya. Contoh : Potato menjadi Potatoes, Karena kentang ialah hasil alam.
-         Kata Benda yang berakhiran f atau fe, maka perlu diubah huruf f menjadi v kemudian baru menamahkan –s atau –es. Contoh : Wife  menjadi Wives. ingat tidak selalu benda berakhiran f dan fe bisa diubah menjadi v ada saja benda berakhiran f dan fe tidak bisa diubah menjadi v. Contoh Chief tetap menjadi Chiefs dalam bentuk jamaknya.
Catatan : jika ingin merubah kata benda tunggal menjadi jamak maka cukup dengan menambahkan akhiran -s atau –es pada akhir kata benda tunggal tersebut. Tetapi ada juga kata benda tunggal berbentuk tidak beraturan jika diubah menjadi jamak. Berikut contoh kata yang tidak beratura tersebut.

Tunggal
Jamak
Child
Children
Mouse
Miece
Foot
Feet
Ox
Oxen
Man
Men


Oke sekian penjelasan hari ini dan terimakasih J
2 ENGLISH MATERIAL : 2 ENGLISH MATERIAL : Reviewed by zonazeruu on 22:52 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.